Jumat, 19 Agustus 2011

JANJI TUHAN TENTANG EMAS


“Gila! Gila! Gila!..emas naik tinggi..” begitu komentetangga saya. Kemudian saya tanya, emang sudah punya berapa gram? Dengan enteng dia jawab “belum”.Nah lo. Jadi?.. “Iya saya menyesal banget belum pernah beli. Kalau setahun lalu saya punya 100 gram, berapa ya keuntungan saya sekarang?”
Setahun lalu harga emas 100 gr 36 juta. Hari ini sudah 50 juta. Berarti untung 14 juta rupiah alias 38,8%. Bila Anda hedging (gadai) bisa petik keuntungan lebih dari 5 kali dengan cara top-up. Bila Anda beli gadai, Anda sudah untung lebih dari 300% dari modal!
Bagaimana ekspresi investor emas minggu-minggu ini? Dipastikan banyak seyum. Senyum kegembiraan. Harus disyukuri. Sebuah bukti bahwa emas itu benar-benar uangnya Tuhan. Janji Tuhan bahwa emas pasti naik itu terlihat di hukum zakat mal. Bila kita menyimpan emas dalam kurun waktu satu tahun dan sesuai nisobnya kita harus membayar zakat mal 2,5%. Ternyata itu sebuah janji Tuhan, bahwa bila kita menyimpan emas dalam setahun harganya pasti naik!
Itulah emas. Saat rally emas dalam 1 bulan terakhir menggila, semua baru tersadar bahwa investasi emas itu paling benar. Kekayaan yang sebenarnya. Kata orang Betawi, kagak ada matinye.
Tetapi sikapi kenaikan ini dengan bijak. Karena investasi emas itu lebih baik untuk jangka panjang. Banyak pertanyaan, apakah saya boleh jual sekarang? Itu terserah Anda. Kalo motifnya trading silahkan jual. Kalo motifnya hedging, ya jangan jual. Repot-repot amat!. Belum tentu bisa beli lagi.  Kalau mau menikmati keuntungan ya silahkan di top-up saja. Simpel!
Harga memang lagi tinggi. Tetapi akan ada harga yang lebih tinggi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar