Rabu, 19 Januari 2011

Investasi Emas

Saat ini, mengumpulkan emas identik dengan “kampungan”, memakai emas berlebihan sering di olok-olok sebagai tukang daging. Pada kalangan menengah ke bawah, emas masih menjadi simbol status. Semakin banyak emas yang dipakai, kian tinggi status ekonomi seseorang.


Namun dua kali krisis moneter terjadi di Indonesia, tahun 1998 dan 2008, investasi Emas mebuktikan jauh lebih aman dari investasi lainnya. Pengetahuan yang sangat sederhana yang dimiliki oleh para orang tua kita (terutama ibu) adalah pembuktian yang tidak bisa di sangkal. Lewat emas mereka masih bisa mengimbangi kenaikan berbagai harga barang, juga untuk biaya pendidikan.


Emas, selain sebagai perhiasan rupanya bisa dijadikan instrumen investasi yang dapat bertahan pada situasi dan kondisi apapun, termasuk pada saat krisis.

Investasi dengan emas memiliki beberapa keuntungan.
Pertama, emas memiliki likuiditas yang sangat mudah. Banyak toko yang menjual dan membeli emas di mana-mana. “Kini, emas bisa dianggap sebagai mata uang. Semua mata uang di dunia mempunyai emas sebagai back up,”

Kedua, harga emas akan selalu naik sehingga bisa menjadi pilihan saat krisis. Bahkan saat perang, inflasi tinggi, dan gejolak finansial. Selain itu, terdapat aspek fundamental dalam emas. Alfred menambahkan emas memiliki 2 cara keuntungan, baik saat harga emas sedang naik maupun saat turun. Emas juga memiliki manfaat jangka panjang dan jangka pendek.

Saat harga naik, masyarakat bisa menjual emasnya tetapi saat harga emas turun, masyarakat bisa kembali membeli emas. Hal ini merupakan manfaat jangka pendek investasi emas.

Namun, jika masyarakat ingin invesatasi emas secara jangka panjang, emas bisa dibeli saat harga turun kemudian disimpan saja sampai berpuluh-puluh tahun. Hal ini tetap mendatangkan keuntungan karena harga emas akan selalu naik.

“Manfaatkan 2 ways opportunity, untuk long term kita buy and hold, untuk short term kita jual saat koreksi. Jadi, selalu untung,”

Meski demikian, emas juga bukan bebas risiko. Investasi dengan emas juga memiliki potensi kerugian. Hal ini karena kurangnya pengetahuan tentang pasar emas. Kita tidak bisa membaca peluang kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli. Oleh karena itu, perlunya mencari tahu informasi terbaru mengenai pasar emas dan rekomendasi yang dianjurkan para pelaku ekonomi dari media-media.

“Bisa juga rugi karena high risk, high gain. Ini karena kita tidak tahu tentang pasar emas. Oleh karena itu update terus berita tentang emas dan rekomendasi, seluruh masyarakat tetap bisa berinvestasi dalam keadaan apapun. Baik sedang krisis, ketidakpastian (bencana alam), maupun saat inflasi tinggi. Hal ini untuk keperluan masa depan. Untuk itu, diperlukan investasi yang aman, tepat, dan stabil. Emaslah yang menjadi peluang emas berinvestasi.


investasi dalam bentuk emas ternyata ada beberapa macam:
  1. Perhiasan
    Kadar emas dalam bentuk ini biasanya kurang dari 24 karat dan kebanyakan harganya lebih ditentukan oleh nilai seni dari perhiasan itu. Jadi kalau punya gelang dihargai 1 juta, jika dilihat kadar emasnya aja tidak akan senilai itu. Oleh karena itu kalau menjual perhiasan emas seringkali turun harganya, padahal sebenarnya ini hanya di hargai emasnya saja.
  2. Koin Dinar
    Ini juga menarik, 1 Koin Dinar setara 4.25 gram emas 22 karat dan ada juga versi yg lebih kecil hingga 1/4 Dinar, cuma beli Koin Dinar ini kena PPn 10% karena dianggap perhiasan kali…
  3. Emas Batangan
    Emas batangan, hmm…ini yang paling membuat saya tertarik, saya dulu (dasar kampungan)  nyangkanya emas batangan itu gede-gede dan beratnya berkilo-kilo…eh ternyata nggak juga, ada pecahan 100 gram, 50 gram ampe 1 gram juga ada. Dan emas ini mempunyai kadar murni 24 karat.
    Jika kita membeli emas batangan, kita membayar untuk harga emasnya saja, begitu juga ketika kita akan menjualnya. Emas batangan adalah produk investasi emas yang paling menguntungkan.



    Ahirnya fokus ke Emas Batangan…ternyata di Indonesia ada dua jenis emas batangan, ada yang produksi PT Antam kadar 99,99% bersertifikat International dan bisa diperoleh di Logam Mulia Antam Jakarta dan ada juga emas lokal dengan kadar sekita 97% yang biasa ada di toko-toko emas. Nah, di Indonesia perusahaan yang bisa memurnikan emas hingga 99,99% barulah PT Antam dan Sertifikatnya di akui secara International. Jadi emas batangan yang dikeluarkan dan bersertifikat Antam bisa di jual dimana saja di seluruh dunia dan kapan saja….artinya apa…ini investasi yang sangat liquid….

    Harga terbaru lihat di www.logammulia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar