Selasa, 15 Februari 2011

MEMBANGUN KEBIASAAN SUKSES

Kalau dilihat dari berbagai jawaban yg diterima atas pertanyaan “Apa yang Anda maksud dengan sukses”,  dapat disimpulkan bahwa umumnya orang melihat sukses itu sebagai sesuatu yang besar, yang diraih dalam jangka panjang. Atau paling tidak jangka menengah. Ini adalah kekeliruan yang perlu diluruskan.
Sukses tidak harus selalu dikaitkan dengan tujuan utama (TU) yang besar dan jangka panjang atau jangka menengah. Sukses juga bisa menyangkut TU kecil dan jangka pendek. Bahkan sangat pendek, misalnya mingguan, harian. Bahkan berdasarkan unit kegiatan, mungkin dalam hitungan jam atau menit. Inilah yang saya maksud dengan sukses-sukses kecil. Dan sukses kecil itu jangan sampai diremehkan. Mari kita lihat
contoh berikut.
Jika Anda akan menghadiri suatu pertemuan, maka TU Anda sewaktu berangkat dari rumah adalah “sampai di tempat tujuan tepat waktu, dan dalam keadaan selamat”.  TU kecil ini sering dilupakan orang. Akibatnya, sewaktu TU itu tercapai (dalam contoh Anda sampai ditempat pertemuan tepat waktu dan dalam keadaan selamat) Anda tidak menghargainya sebagai suatu kesuksesan. Padahal itupun adalah sukses yang harus dihargai dan disyukuri. Seyogyanya, begitu sampai ditempat pertemuan, Anda bergembira dengan “sukses kecil” tersebut. Dan yang terpenting SYUKURI. Karena bagi siapa yang pandai bersyukur , Tuhan akan menambah nikmatnya. (lihat QS Ibrahim; 14 : 07)
Sukses-sukses kecil ini terjadi hampir setiap saat disepanjang hari. Tetapi kita sering meremehkannya.  Akibatnya, kita lupa bersyukur, dan  “sense of success” tidak bertumbuh kembang dalam kesadaran kita. Ini akan berpengaruh tidak baik terhadap pencapaian sukses besar/jangka panjang.
(Sampai disini, saya mengajak Anda untuk berhenti sejenak. Duduklah dengan tenang, ambil nafas yang dalam. Kemudian silakan Anda merenungkan contoh-contoh lain dalam keseharian Anda. Saya yakin sangat banyak sukses-sukses kecil dalam kehidupan Anda, yang terlupakan, dan tidak disyukuri).
Akumulasi sukses-sukses kecil tersebut akan memberi dampak sangat positif dalam usaha Anda mencapai sukses yang lebih besar.  Sense of success akan bertumbuh kembang dalam kesadaran Anda. Rasa percaya diri akan meningkat. 
Dampak positif lain yang akan Anda peroleh dalam sukses kecil tersebut adalah Anda akan menjadi terbiasa dengan kesuksesan. Sense of success akan terekam dalam alam bawah sadar Anda. Dan pada waktunya akan mempengaruhi Anda secara  positif. Karena sukses sudah menjadi kebiasaan bagi Anda. Sukses sudah menjadi bagian integral dari kepribadian Anda. Artinya Anda adalah pribadi yang terbiasa  sukses.  Dan karena  sukses sudah menjadi kebiasaan bagi Anda, maka insyaallah tidak ada kesulitan dalam mencapai sukses-sukses lainnya yang lebih besar.
Dengan uraian singkat ini, dan contoh yang sederhana, saya harap Anda bisa memahami, bahwa sukses-sukses kecil jangan diremehkan. Bahkan kita bisa berkata: raihlah sukses besar dengan melakukan sukses-sukses kecil setiap hari, setiap saat.  Bagaikan membangun rumah gedung bertingkat, dengan menyusun bata-bata kecil. Bagaikan membuat sehelai sarung dengan menenun benang satu persatu.
Kini giliran Anda untuk menentukan sukses-sukses kecil apa yang akan Anda capai setiap hari. Silakan ditentukan sendiri, dan diniatkan untuk mencapainya, serta berusaha mencapainya.
Selamat membangun kebiasaan sukses. Dan selamat menjadi pribadi yang sukses. Insyaallah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar